Kamis, 02 Juni 2011

contoh angket motivasi

No.
Aspek yang diteliti
Indikator
Nomor Pertanyaan
1.
Minat
-        Ketertarikan si pelajar
-        Kemampuan pelajar
1
2,3
2.
Perasaan
-        Suka
-        Gembira
4
5
3.
Pengamatan
-        Melihat
-        Mendengar
6,7
8
4.
Ingatan
-        Pikiran
-        Konsentrasi
-        Pengulangan
-        Pemahaman
9,10
13
12
11
5.
Fantasi
-        Impian
-        Cita – cita
14
15
6.
Orang tua
-        Ekonomi
-        Paksaan
16
17
7.
Guru
-        Teknik mengajar
-        Simpati
18
19
8.
Lingkungan
-        Kehidupan sehari – hari
-        Kemajuan teknologi
-        Fasilitas
20
21
22
9.
Teman – teman
-        Solidaritas
23
10.
Lapangan pekerjaan
-        Honor tinggi dan jabatan
24

Lampiran 6. Angket Penelitian Motivasi Pemilihan Program Studi Pendidikan Kimia
ANGKET PENELITIAN HUBUNGAN MOTIVASI PEMILIHAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KIMIA DENGAN INDEKS PRESTASI MAHASISWA
I.                    Pengantar
Angket ini disampaikan dengan hormat kepada mahasiswa dengan maksud untuk memperoleh gambaran tentang motivasi mahasiswa memilih program studi pendidikan kimia. Jawaban anda sangat dibutuhkan dalam rangka penelitian mengenai hubungan motivasi pemilihan program studi pendidikan kimia dengan indeks prestasi mahasiswa.
Untuk itu mohon agar mahasiswa mengisi angket yang dibuat dengan sebaik – baiknya dan dengan sejujur – jujurnya. Setelah diisi harap segera dikembalikan kepada saya. Atas kerjasama dan bantuan anda sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
II.                  Identitas Mahasiswa
Nama             :
NIM               :
III.               Petunjuk Pengisian Angket
1.       Berikan tanda check () pada motivasi pemilihan program studi yang anda setujui di dalam kotak skala.
2.       Angket ini memiliki empat opsi dengan skala berikut:
1 = sangat setuju
2 = tidak setuju
3 = ragu – ragu
4 = sesuai
5 = sangat sesuai
No.
Pertanyaan
Jawaban Pertanyaan
STS
TS
R
S
SS
1.
2.

3.

4.
5.

6.


7.

8.


9.


10.

11.

12.


13.
14.


15.

16.


17.

18.

19.


20.


21.


Saya tertarik belajar tentang materi kimia.
Penguasaan konsep kimia ini sesuai dengan kemampuan saya.
Nilai hasil belajar saya mendukung dalam pemilihan program studi pendidikan kimia.
Saya suka membahas soal – soal kimia.
Mengikuti pelajaran kimia membuat saya gembira.
Pelajaran kimia menyenangkan bila dihubungkan dengan reaksi – reaksi kimia yang kejadiannya begitu menyenangkan jika diamati.
Saya ingin melihat secara langsung zat – zat atau alat – alat kimiayang sering say abaca dibuku.
Saya mendengar dan membaca baik di media cetak atau di media elektronik tentang pengaruh zat kimia dalam kehidupan sehari – hari.
Saya berpikir bahwa kejadian di alam memiliki hubungan yang erat dengan kimia, sehingga penting untuk dipelajari.
Saya mudah mengingat materi kimia disbanding dengan rumus pelajaran lain.
Saya mudah memahami pelajaran kimia yang disampaikan oleh guru.
Saya sering mengulangi pelajaran kimia yang disampaikan di sekolah melalui tes tambahan sehingga saya menjadi lebih mengerti.
Saya bisa berkonsentrasi ketika belajar kimia.
Saya mempunyai impian menjadi orang yang sukses jika menjadi sarjana kimia karena banyak dibutuhkan dimana – mana.
Menjadi guru kimia adalah cita – cita saya sejak kecil.
Ekonomi orangtua memungkinkan saya melanjutkan ke perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi pendidikan kimia.
Orangtua saya memang menghendaki saya menjadi guru kimia.
Teknik mengajar guru kimia saya sewaktu di SMA sangat menarik dan bervariasi.
Saya simpati terhadap guru kimia saya sewaktu di SMA sehingga saya ingin menjadi seperti guru saya dahulu.
Kimia sangat berhubungan dengan kehidupan sehari – hari sehingga saya tertarik terhadap kimia.
Kemajuan teknologi yang digunakan untuk kesejahteraan umat manusia berkaitan dengan kimia.
Saya ingin melakukan praktek di laboratorium untuk mereaksikan zat – zat kimia yang belum pernah saya lakukan di SMA dahulu.
Teman – teman saya juga memilih jurusan kimia.
Jika menjadi guru kimia akan mendapat pekerjaan dengan lebih mudah dan honor yang tinggi.








1 komentar: