Kamis, 11 November 2010

Proposal penggunaan media compact disc

1.      Latar Belakang Masalah
Kimia sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah menengah mempunyai perbedaan dengan mata pelajaran lainnya. Sebagian besar objek yang dipelajari di dalam ilmu kimia berisi konsep-konsep dan rumus-rumus yang mendukung konsep-konsep tersebut. Salah satu hal yang unik dan perlu mendapat perhatian adalah bahwa materi yang diajarkan kebanyakan bersifat abstrak, oleh karena itu siswa harus mulai mengembangkan imajinasi agar dapat memahami konsep yang mendasar dalam ilmu kimia, oleh karena itu penggambaran sesuatu yang abstrak menjadi hal penting pada proses pembelajaran kimia ( Tampubolon, M.,2006 ).
Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat ini penggunaan media pendidikan, khususnya media audio visual, sudah merupakan suatu tuntutan yang mendesak. Hal ini disebabkan sifat pembelajaran yang semakin kompleks. Terdapat berbagai tujuan belajar yang sulit dicapai hanya dengan mengandalkan penjelasan guru ( Simbolon, R.,2005 ). Oleh karena itu, agar pembelajaran dapat mencapai hasil yang maksimal diperlukan adanya pemanfaatan media. Salah satunya adalah media audio visual. VCD sebagai media audio visual dapat memperlihatkan secara lebih nyata tentang fenomena yang ada dalam ilmu kimia. VCD juga dapat membuat konsep yang abstrak menjadi lebih kongkrit, dapat menampilkan gerak yang dipercepat atau diperlambat sehingga lebih mudah diamati, dapat menampilkan detail suatu benda atau proses, serta membuat penyajian pembelajaran lebih menarik, sehingga proses pembelajaran menjadi menyenangkan (Dinbakir, 2009).
Berdasarkan semua hal yang diuraikan di atas pemakalah tertarik untuk membuat makalah dengan judul: PENGGUNAAN MEDIA VIDEO COMPACT DISC ( VCD )  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR  KIMIA SISWA 


2.       Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang yang diuraikan di atas maka identifikasi masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut :
a.       Ilmu kimia dianggap sebagai ilmu yang bersifat abstrak.
b.      Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

3.      Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah: Bagaimana penggunaan media video compact disc ( VCD ) untuk dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa ?

4.      Tujuan makalah
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan yang ingin dicapai dalam penulisan  makalah ini adalah : Memberikan pengetahuan tentang penggunaan media video compact disc ( VCD ) dalam pembelajaran kimia.

5.      Manfaat makalah
Adapun manfaat dari penulisan  makalah ini adalah :
a.       Sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi guru kimia untuk menggunakan media VCD dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
b.      Sebagai bahan masukan dan bandingan bagi calon guru untuk membuat penelitian dalam menyelesaikan skripsi.

6.      Teori
Keterbatasan yang dimiliki manusia seringkali kurang mampu menangkap dan menanggapi hal-hal yang bersifat abstrak atau yang belum pernah terekam dalam ingatan. Untuk menngatasi proses internalisasi belajar mengajar yang demikian, diperlukan media pendidikan yang memperjelas dan mempermudah peserta didik dalam menangkap pesan-pesan pendidikan yang disampaikan. Oleh karena itu, semakin banyak peserta didik disuguhkan dengan berbagai media dan sarana prasarana yang mendukung, maka semakin besar kemungkinan nilai-nilai pendidikan mampu diserap dan dicernanya.
Damandiri (2008)http://www.damandiri.or.id/file/ahmadsuyutiunairbab2.pdf, diakses 2 Juli 2008

Pengertian Media Pembelajaran
Menurut Oemar Hamalik (1989), media pembelajaran adalah Alat, metode, dan teknik yang digunakan dalam rangka lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. (Oemar Hamalik, 1989).
Sementara itu, Briggs (1977) berpendapat bahwa media pembelajaran adalah sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran seperti : buku, film, video dan sebagainya. Sedangkan, National Education Associaton (1969) mengungkapkan bahwa media pembelajaran adalah sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun pandang-dengar, termasuk teknologi perangkat keras. Dari keempat pendapat di atas disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan, dapat merangsang fikiran, perasaan, dan kemauan peserta didik sehingga dapat mendorong terciptanya proses belajar pada diri peserta didik untuk tercapainya tujuan pembelajaran.
Sudrajat,A.,(2008)http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/mediapembelajaran/ (accessed Januari 2008-April 2010)
Henrich, dkk dalam Admin (2009) menggolongkan media pembelajaran menjadi:(1) media yang tidak diproyeksikan (2) media yang diproyeksikan (3) media audio (4) media video (5) media berbasis komputer (6) multi media kit.



  1. Pengertian Media VCD
Media audio-visual adalah alat yang dapat menghasilkan suara dan rupa dalam satu unit. Menurut Damarah (2002: 190) “yang termasuk golongan media audio-visual yang sebenarnya adalah film bersuara, televisi dan video, karena ketiga alat itu mengkombinasikan fungsi suara dan rupa dalam satu unit dan disebut media audio-visual murni”.
Menurut Underwood (2000) dalam Simbolon,R (2005) video adalah sarana yang sangat baik untuk membawa situasi dunia luar ke dalam kelas dan memanfaatkan minat menonton yang dimiliki oleh hamper semua pelajar di seluruh dunia.
Menurut Arsyad (2009) VCD adalah sistem penyimpanan dan rekaman video dimana signal audio visual direkam pada disket plastik bukan pada pita magnetik.
VCD atau Video CD adalah sistem penyimpanan informasi gambar dan suara pada piringan atau disc yang berisi video. VCD dapat dimainkan menggunakan komputer, tetapi lebih sering dimainkan menggunakan VCD player. Media VCD pembelajaran dapat diartikan sebagai sarana dalam proses belajar mengajar menggunakan perangkat CD berisi video pembelajaran yang dimainkan menggunakan perangkat komputer atau VCD player. (Sadiman, 2002 ) dalam Hendriayana, (2006).
Video dapat menggambarkan suatu objek yang bergerak bersama – sama dengan suara alamiah atau suara yang sesuai. Kemampuan video melukiskan gambar hidup dan suara memberinya daya tarik tersendiri. Video dapat menyajikan informasi, memaparkan proses, menjelaskan konsep – konsep yang rumit,  dan mengajarkan ketrampilan. (Arsyad, 2009)

  1. Langkah Penggunaan Media VCD
Pengguaan media VCD dalam kelas harus benar-benar dipersiapkan dengan seksama.sehingga program yang akan dijadikan sebagai materi pembelajaran benar-benar sesuai dengan apa yang diharapkan dan selaras dengan tujuan pembelajaran, untuk itu ada beberapa hal yang perlu dilakukan guru dalam menggunakan media VCD.  Langkah-langkah itu adalah :
1. Persiapan
Sebelum memanfaatkan program video pembelajaran, guru hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut:
a.       Menyusun jadwal pemanfaatan disesuaikan dengan topik dan program belajar yang sudah dibuat.
b.      Memeriksa kelengkapan peralatan termasuk menyesuaikan tegangan peralatan dengan tegangan lisrik yang tersedia di sekolah.
c.       Mempelajari bahan penyerta.
d.      Mempelajari isi program sekaligus menandai bagian-bagian yang perlu atau tidak pertu disajikan dalam kegiatan pembelajaran.
e.       Memeriksa kesesuaian isi program video dengan judul yang tertera.
f.       Meminta siswa agar mempersiapkan buku, alat tulis, dan peralatan lain yang diperlukan.
g.      Mengatur tempat duduk siswa agar semua siswa dapat melihat dan mendengar dengan baik.
Dinbakir (2009),http://dinbakir.Wordpress.com/ media-pembelajaran/(accessed April 2010)
2. Pelaksanaan
Selama memanfaatkan program video pembelajaran, guru hendaknya melakukan hal-hal sebagai berikut:
a.    Sebelum menghidupkan/memulai program video pembelajaran mengajak siswa agar memperhatikan materi yang akan dipelajari dengan baik.
b.   Memberikan penjelasan terhadap materi yang diajarkan.
c.    Menjelaskan tujuan dan materi pokok dari program yang akan dimanfaatkan.
d.   Memberikan prasarat/persepsi pengetahuan/pelajaran sebelumnya.
e.    Mengoperasikan program sesuai dengan petunjuk pemanfaatan/petunjuk teknis dan bahan penyerta.
f.    Mengamati/memantau kegiatan siswa selama mengikuti program. Selama program diputar, guru tidak perlu maju ke depan menunjuk gambar di layar atau mondar-mandir berkeliling kelas.
g.   Memberi penguatan/penegasan/pengayaan terhadap tayangan program.
h.   Memutar ulang program video pembelajaran bila diperlukan.
i.     Membuat kesimpulan materi/isi program sesudah memberikan evaluasi kepada siswa.  
Dinbakir (2009),http://dinbakir.Wordpress.com/ media-pembelajaran/(accessed April 2010)
3. Tindak Lanjut
a.    Memberikan tugas kepada siswa.
b.   Memberi pertanyaan/umpan balik.
c.    Bagi mata pelajaran yang memerlukan praktikum, guru kemudian mengajak siswa untuk mengadakan praktek di laboratorium.
d.   Bagi mata pelajaran yang memerlukan tambahan referensi yang lebih lengkap, guru mengajak siswa untuk belajar di perpustakaan.
e.    Menginformasikan tentang pentingnya memperhatikan/mendengarkan program video pembelajaran untuk pemanfaatan program video pembelajaran berikutnya.
f.    Mengajak siswa untuk memperkaya materi melalui sumber belajar lain yang relevan dengan materi yang dipelaiari.
Dinbakir (2009),http://dinbakir.Wordpress.com/ media-pembelajaran/(accessed April 2010)




  1. Keunggulan Penggunaan Media VCD
Keunggulan penggunaan media VCD antara lain :
1.      Dapat menarik perhatian untuk periode – periode singkat dan rangsangan luar lainnya.
2.      Penonton dapat memperoleh informasi dari ahli – ahli atau spesialis. Dengan media ini penonton dapat melengkapi pengalaman – pengalaman dasar siswa ketika mereka membaca, berdiskusi, berpraktek, dan lain – lain.
3.      Dapat menggambarkan suatu proses secara tepat yang dapat disaksikan secara berulang – ulang jika dipandang perlu.
4.      Menumbuhkan motivasi dan menanamkan sikap dan segi – segi keefektifan dalam belajar.
5.      Mengandung nilai – nilai positif dan mengandung pemikiran dan pembahasan dalam kelompok siswa.
6.      Dapat  menyajikan peristiwa yang bisa dilihat secara langsung dan dapat membawa dunia kedalam kelas.
7.      Dapat ditunjukkan kepada kelompok besar, kecil ataupun perorangan. ( Sidabutar, E.,2009)
  1. Kelemahan penggunaan Media VCD
Kelemahan penggunaan media VCD antara lain :
1.      Biaya yang dibutuhkan mahal dan waktu yang diperlukan lama
2.      Keterbatasan alat dan sumberdaya manusia
3.      Pada saat VCD ditunjukkan, gambar – gambar akan bergerak terus sehingga tidak semua siswa mampu mengikuti informasi yang ingin disampaikan melalui VCD tersebut.
4.      VCD yang ada di lapangan tidak selalu tersedia sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar yang diinginkan kecuali dirancang dan diproduksi khusu untuk kebutuhan sendiri.
( Sidabutar,E.,2009)
7.      Kesimpulan Dan Saran
A.       Kesimpulan
Dari maklah yang telah penulis buat dapat disimpulkan bahwa penggunaan media VCD untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa dapat dilakukan dengan langkah – langkah:
  1. Langkah persiapan, dalam hal ini guru harus benar-benar mepersiapkan program pilihannya dan mempelajarinya dengan seksama sehingga guru bisa menguasai materi pembelajaran.selain itu guru juga harus mempersiapkan siswa  untuk menerima program yang akan disajikan agar mereka berada dalam keadaan siap untuk mengetahui apa yang akan diberikan dan apa yang akan mereka dapat.
  2. Langkah pelaksanaan, pada tahap ini siswa melihat,mendengar dan mengamati serta mengikuti dengan seksama proses yang sedang berlangsung dalam layar.
  3. Tindak lanjut, pada langkah ini siswa di ajak untuk mendiskusikan apa yang sudah mereka dapat dari tayangan di dalam layar tersebut kemudian diberikan tugas dan feedback.

B.        Saran
Berdasarkan teori yang telah di paparkan, maka saran yang dapat dikemukakan penulis adalah pembelajaran dengan menggunakan media VCD sangat baik digunakan oleh guru kimia. Hanya saja media tersebut tidak selalu tersedia sesuai dengan kebutuhan maka oleh sebab itu guru harus mampu membuat sendiri media tersebut dan hal itu membutuhkan keahlian khusus dibidang komputerisasi itu untuk guru diharapkan memiliki keterampilan dan kemampuan dalam pengkomputerisasian, sehingga pengadaan media dapat terlaksana.


DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, A., (2009) Media Pembelajaran, Penerbit P.T. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Damarah., Syaiful B., dan Aswan Zain, (2002), Strategi Belajar Mengajar, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Ham alik, O., (1989), Media Pendidikan, Penerbit Citra Aditya, Bandung.
Hendriayana, A., (2006), Pengaruh Penggunaan Media VCD Dan CD Game Terhadap Prestasi Belajar Materi Sistem Periodik Unsur Dan Struktur Atom  Kelas X Semester 1 SMA Negeri 1 Kersana Brebes Jurusan Kimia FMIPA UNNES., Skripsi, FMIPA, UNNES,Semarang.
Sidabutar, E., (2009), Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Media Grafis Dan Media Proyeksi Diam Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi Jurusan Kimia FMIPA Unimed., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Simbolon, R., (2005), Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Pengajaran Sistem Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SMA Swasta Budi Mulya Pematang Siantar Jurusan Kimia FMIPA Unimed., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Tampubolon, M., (2006), Penggunaan Media VCD pada Pokok Bahasan Senyawa Karbon Kelas X  SMA Negeri I Tebing Tinggi Jurusan Kimia FMIPA Unimed., Skripsi, FMIPA, Unimed, Medan.
Admin (2009), http://www. admin.edu-articles.com/berbagai-jenis-media-pembelajaran.htm. (accessed  2 May 2009)
Damandiri, (2008), http://www.damandiri.or.id/file/ahmadsuyutiunairbab2.pdf, (diakses 2 Juli 2008-April 2010)
Dinbakir (2009),http://dinbakir.Wordpress.com/ media-pembelajaran/(accessed April 2010)
Sudrajat,A.,(2008)http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/mediapembelajaran/ (accessed Januari 2008-April 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar